Cara Perawatan Bonsay

Diposting pada

Anekabudidaya haii haii haii para budidayawan…. Kembali lagi pada postingan artikel kita kali ini yang dimana kali ini kita akan memberikan kalian informasi terbaru dengan bahasan ” Cara Perawatan Bonsay “… Semoga informasi ini bisa menjadi bekal kalian untuk mulai melakukan perawatan bonsay.. Selamat membaca dan selamat mencoba ….. πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚

Tanaman bonsai pertama kali dibudidayakan di negri sakura yaitu Jepang. Bonsai sendiri di Jepang dikenal dengan sebutan penzai. Tanaman bonsai memiliki ukuran yang kerdil atau kecil dan bonsai juga dianggap tanaman yang memiliki nilai seniΒ  dikarenakan tanaman bonsai memiliki bentuknya yang unik dalam proses pembuatan dan bentuknya. Tanaman bonsai berasal dari istilah bon yang memiliki arti pot dangkal. Tanaman bonsai merupakan tanaman yang memiliki keindahan pada dahan, ranting, daun dan akar pohonnya, dan juga pot yang digunakan berukuran sangat kecil.


  1. Persiapan Bibit

Bagi para pemula yang ingin melakukan budidaya tanaman bonsai hal yang paling utama adalah memastikan bahwa bonsai yang akan dibudidaya cocok dengan lingkungan tempat pohon akan tinggal serta pembudidaya harus mengetahui jenis dan karakter dari pohon yang akan ditanam. Kurangi frekuensi penyiraman air sebelum dilakukan pemindahan, yang bertujuan untuk lebih memudahkan dalam melakukan proses pemindahan sebab tanah yang memiliki struktur tanah yang gembur dan kering akan lebih mudah dipindahkan dibandingkan dengan struktur tanah yang basah.

Baca Juga  Tips Perawatan Tanaman Hias Bonsai

  1. Prunning dan Pencabutan Pohon

Hal yang perlu dilakukan berikutnya ialah melakukan pencabutan pada pohon dari potnya dengan hati – hati jangan sampai mematahkan batang utamanya. Lalu, bersihkan bagian akar yang ada dengan menyingkirkan kotoran pada akar dengan menggunakan sumpit, pinset ataupun alat serupa. Setelah akar bersih, langkah selanjutnya adalah melakukan prunning atau pemangkasan akar sampai berkurangΒ  2/4 bagian. Hal tersebut dengan tujuan memastikan bahwa bonsai dapat tumbuh dengan baik. Akar yang sudah besar, tebal dan menghadap ke atas perlulah dilakukan pemotongan agar air lebih mudah diserap melalui ujung akar – akar tersebut.


  1. Media Tanam

Selanjutnya pembudidaya dapat melakukan penanaman tanaman bonsai ke dalam potdengan tetap memastikan keadaan dasar pot baik. Lalu, masukan tanah pada dasar pot dan masukan media tanam di atasnya. Tanah yang dapat menampung banyak air merupakan media tanam yang baik. Pembudidaya perlu menambahkan tanah dengan ketinggian sesuai yang diinginkan oleh pembudidaya. Akan tetapi, pembudidaya perlu menyisakan sedikit tempat untuk meletakan akar bonsai.


  1. Pemindahan Pohon Ke Dalam Pot

Cara mudah yang dapat dilakukan oleh pembudidaya dalam melakukan pemindahan tanaman bonsai ialah dengan akar dicelupkan pada ember yang berisi air dengan tujuan tanah kering dapat dengan mudahnya terlepas sehingga tidak ada tanah kering yang tersisa di akar. Kemudian, pembudidayapun dapat menambahkan kerikil untuk bisa mempertahankan pohon di tempatnya. Pilihlah kerikil yang baik atau kerikil hias yang biasa digunakan pada aquarium untuk menambah nilai estetika dari tanaman bonsai tersebut.


  1. Perawatan

Perawatan tanaman bonsai dapat diakukan dengan cara meletakan tanaman bonsai yang baru dipindahkan ke dalam tempat yang terlindung dari cahaya matahari langsung dan angin. Kemudian lakukan penyiraman secara rutin. Setelah tanaman bonsai dirasa sudah cukup kuat, letakkanlah tanaman di luar ruangan yang memiliki banyak sinar matahari untuk mempercepat proses pertumbuhan pada tanaman bonsai.

Baca Juga  Tips Perawatan Bunga Melati

Demikianlah informasi yang telah disampaikan pada postingan artikel kali ini yang membahas tentang ” Cara Perawatan BonsayΒ “… Semoga informasi yang sudah disampaikan tersebut dapat bermanfaat untuk para pelaku budidaya atau yang baru akan mencobanya.. So,, tetap stay di web anekabudidaya.com yaaaa..,,,, karena masih banyak informasi – informasi yang tidak kalah menarik lainnya yang akan kami berikan kepada para budidayawan… πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚

Berikut Artikel Terkait Lainnya