Cara Menanam Tanaman Lidah Mertua

Diposting pada

Anekabudidaya haiiii haiii haiii para budidayawan…. Kembali lagi pada postingan artikel kita kali ini yang dimana kali ini kita akan memberikan kalian informasi terbaru dengan bahasan ” Cara Menanam Tanaman Lidah Mertua “… Semoga informasi ini bisa menjadi bekal kalian untuk mulai melakukan penanaman lidah mertua… Selamat membaca dan selamat mencoba ….. 🙂 🙂 🙂 🙂

Tanaman lidah mertua atau yang biasa dikenal dengan nama ilmiahnya Sansevieria merupakan jenis tanaman hias yang memiliki habitat asli yang hidup pada daerah yang memiliki iklim tropis, tanaman lidah mertua juga biasa disebut dengan tanaman purba atau old century plant yang memiliki bentuk yang indah, selain itu tanaman lidah mertua juga dipercaya memiliki berbagai macam manfaat yang berguna bagi kesehatan manusia, yaitu: lidah mertua dapat dimanfaatkan sebagai anti sumber serat dan biasa juga digunakan sebagai bahan racikan obat – obat. Saat ini tanaman lidah mertua sudah banyak dilakukan pembudidayaan dan sudah menjadi salah satu tanaman hias yang unggulan yang sudah banyak dijual di pasar dalam negeri atau juga dengan tujuan ekspor. Tanaman lidah mertua merupakan salah satu jenis tanaman hias yang tergolong mudah untuk dilakukan pembudidayaan, hal ini dikarenakan tanaman lidah mertua dapat ditanam pada kondisi lingkungan atau lahan yang terbatas karena sebagian besar jenis tanaman lidah mertua dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

       Budidaya Lidah Mertua (Sansevieria)

Bentuk morfologi pada tanaman lidah mertua yang jika dilihat pada bagain akarnya, akarnya memiliki bentuk akar serabut yang dapat tumbuh pada rimpang tanamannya, lalu akar tanaman dapat menyebar dan memiliki warna yang berwarna putih yang mengandung banyak kandungan air di dalamnya. Pada tanaman lidah mertua stolon merupakan bentuk modifikasi pada batang tanaman lidah mertua yang memiliki fungsi sebagai organ perbannyakan. Stolon sendiri merupakan suatu batang semu yang dapat tumbuh pada permukaan tanah. Tanaman lidah mertua juga jika dilihat dari berbagai macam jenisnya memiliki bentuk dan warna daun yang berbeda – beda. Akan tetapi, scara umum bentuk daun pada tanaman lidah mertua dapat dibagi menjadi 2 bentuk, yaitu: dengan jenis tipe daun sendok dan jenis tipe daun bulat. Tanaman lidah mrtua denga tipe sendok memiliki bentuk daun yang berbentuk lembaran sedangkan tanaman lidah mertua dengan tipe daun bulat memiliki bentuk yang dapat menyerupai seperti silinder, setengah lingkaran, segitiga ataupun campuran dari bentuk keduanya. Tanaman lidah mertua sendiri memiliki bunga yang memiliki kelamin ganda, yang dimana pada setiap spesiesnya memiliki ukuran jumlah serta warna bunga yanng berbeda – beda. Sedangkan pada tanaman lidah mertua pada bagian bunganya memiliki susunan yang bertangkai yang langsung menempel pada malai dan pada saat tanaman lidah mertua sudah tua tanaman tersebut akan layu dan mengalami kekeringan. Sedangkan jika dilihat pada bagian buah tanaman lidah mertua merupakan jenis buah seperti buah berri yang memiliki celah yang berisi biji dan memiliki warna yang berwarna hijau pada saat tanaman tersebut masih muda dan memiliki warna yang berwarna merah, orange, hitam da hijau kusam setelah tanaman tersebut mmulai tua.

Baca Juga  Cara Menanam Bombay Dengan Mudah
                    Tanaman Llidah Mertua (Sansevieria)

 

Berikut hal – hal yang harus diperhatikan dalam melakukan budidaya tanaman lidah mertua, yaitu:

  1. Proses Media Tanam

Dalam melakukan budidaya tanaman lidah mertua hal utama yang perlu diperhatikan adalah melakukan proses pemilihan media tanam yang akan digunakan untuk budidaya tanaman lidah mertua. Media tanam yang akan digunakan dalam budidaya tanaman lidah mertua harus memiliki ciri – ciri seperti media tanam yang digunakan haruslah kerinng hal ini dikarenakan tanaman lidah mertua tidak menyukai air yang terlalu berlebih dan media tanam harus memiliki kandungan nutrisi yang cukup di dalamnya. Media tanam yang digunakan dalam budidaya tanaman lidah mertua memiliki komposisi yang berbeda – beda tergantung dari jenis varietasnya. Pada varietas lidah mertua yang membutuhkan cukkup air dapat dilakukan dengan mempersiapkan sekam yang sudah dibakar, pasir malang dan juga pupuk organik dengan komposisi yang diberikan sekitar 1 : 1 : 1. Sedagkan pada jenis varietas kering pada tanaman lidah mertua dapat dilakukan dengan cara mempersiapkan campuran pupuk organik, pasir malanng dan sekam yang dibakar dengan ukuran komposisi yang dibutuhkan sekitar 2 : 1 : 1.

                         Media Tanam Lidah Mertua
  1. Proses Pemilihan Pot

Setelah melakukan tahapan pada proses pemilihan media tanam dalam budidaya tanaman lidah mertua, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah pada tahapan pemilihan pot. Pot yang akan digunakan dalam melakukan budidaya tanaman lidah mertua bergantung pada jenis dan bentuk tanaman lidah mertua yang akan dibudidayakan serta bahan pot dapat menggunakan jenis pot yang berbahan tanah liat, keramik, plastik ataupun semen. Pada pot yang terbuat dari bahan tanah liat atau semen lebih mudah dalam proses penyerapan air, oleh sebab itulah hal ini berdampak baik untuk pertumbuhan tanaman. Sedangkan pada pot dengan bahan plastik harus dibuatkan lagi lubang untuk dapat membuang air yang berlebih.

Baca Juga  Cara Menanam Phacar Air
              Pemilihan Pot Lidah Mertua
  1. Proses Penanaman

Setelah melakukan tahapan pada proses pemilihan pot dalam budidaya tanaman lidah mertua, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah pada tahapan proses penanaman tanaman lidah mertua. Adapun tahapan – tahapan penanaman dalam budidaya tanaman lidah mertua adalah, sebagai berikut:

  1. Tanaman lidah mertua daunnya dipotonng dengan ukuran panjang sekitar 6 sampai dengan 10 cm dengan potong daun yang dibuat seperti lembaran kecil dan tebal.
  2. Lakukan pengolesan daun yang mengalami luka dengan stimulan akar seperti Rooton atau juga dengan Grow Tone serta fungisida.
  3. Lakukan penanaman pada media tanam yang telah disediakan dengan posis tanaman lidah mertua dalam keadaan tegak.
                              Proses Penanaman

 

  1. Proses Perawatan

Setelah melakukan tahapan pada proses penanaman tanaman dalam budidaya tanaman lidah mertua, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah pada tahapan proses perawatan tanaman lidah mertua. Proses perawatan pada budidaya tanaman lidah mertua dapat dilakukan dengan cara pemupukan, repoting tanaman serta perawatan dilakukan dengan cara melakukan penyiraman tanaman lidah mertua. Proses pemupukan, pemupukan ini dilakukan dengan tujuan agar tanaman lidah mertua cepat tumbuh, pupuk yang digunakan dalam budidaya tanaman lidah mertua adalah jenis pupuk NPK  dengan dosis yang dianjurkan yaitu sekitar kurang lebihnnya berukuran 1 sendok pada pot yang digunakan dengan ukuran diameter pot sekitar 16 cm, yang diberikan dengan intensitas pemberian setiap 3 bulan. Proses repoting tanaman, proses repoting tanaman dilakukan dengan tujuan untuk melakukan pergantian pot dengan mengganti media tanam serta melakukan pemisahan pada tunas baru tanaman lidah mertua dari tanaman induknya dengan tujuan untuk tetap menjaga keindah tanaman lidah mertua tersebut. Selanjutnya pada perawatan tanaman lidah mertua dengan melakukan proses penyiraman, proses penyiraman dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhan tanaman tersebut, hal ini dikarenakan tanaman lidah mertua merupakan salah satu jenis tanaman hias yang menyukai media yang kering.

Baca Juga  Cara Menanam Lengkuas Dengan Mudah
                           Perawatan Lidah Mertua

Demikianlah informasi yang telah disampaikan pada postingan artikel kali ini yang membahas tentang ” Cara Menanam Tanaman Lidah Mertua “… Semoga informasi yang sudah disampaikan tersebut dapat bermanfaat untuk para pelaku budidaya atau yang baru akan mencobanya.. So,, tetap stay di web anekabudidaya.com yaaaa..,,,, karena masih banyak informasi – informasi yang tidak kalah menarik lainnya yang akan kami berikan kepada para budidayawan… 🙂 🙂 🙂 🙂

Berikut Artikel Terkait Lainnya