Cara Menanam Pakcoy Dengan Hidroponik

Diposting pada

Anekabudidaya Pakcoy atau yang serinng dikenal dengan nama ilmiahnya Bassica rapa sub sp merupakan jenis sayuran hijau yang masih satu golongan dengan sawi. Bahkan pakcoy juga sering disebut dengan sebutan sawi sendok. Hal itu dikarenakan bentuknya yang memang mirip sendok. Adapula yang menyebut pakcoy dengan sawi manis atau juga dengan sebuutan sawi daging karena pangkalnya yang lembut dan tebal seperti daging. Pakcoy yang biasa digunkan untuk bahan sup atau sebagai penghias makanan ini berasal dari Cina.

                               Pakcoy (Bassica rapa subsp)

Menanam pakcoy dengan sistem hidropponik pada dasarnya sama juga dengan menanam dengan sistem lain. Kita tidak memerlukan lahan yang luas untuk berkebunnya. Dan hasilnya bisa untuk konsumsi keluarga atau bahkan dapat dijadikan bisnis sampingan.

Cara menanam pakcoy atau yang sering dikenal juga dengan sawi sendok pada sistem hidropoik sangatlah mudah. Kita dapat memanfaatkan limbah botol bekas yang ada dan memilih tekhnik hidroponik mana yang paling mudah untuk digunakan. Berikut cara menanam pakcoy atau sawi sendok dengan menggunakan sistem Hidroponik.

Cara Bertanam Pakcoy Menggunakan Sistem Hidroponik

Benih pakcoy yang sudah disiapkan kemudian ditaruh pada media tanam yang telah dipersiapkan. Namun, sebelum melakukan penanaman pada media tanam harus dibasahi terlebih dahulu atau bisa menggunakan rockwool. Setiap persemaian cukup taruh 1 sampai dengan 2 benih pakcoy. Tutuplah dengan rapat dan disimpan pada tempat yang gelap agar terjaga kelembabannya hingga benih pakcoy mengeluarkan tunas. Kemudian buka penutupnya jika benih sudah mulai  bertunas. Pindahkan ke tempat yang memperoleh sinar matahari agar pertumbuhannya tidak hanya meninggi.

Baca Juga  Cara Menanam Sawi Dengan Hidroponik
          Persemaian Dengan Menggunakan Rockwool

 

Ketika sudah keluar 3 sampai dengan 4 helai daun pada persemaian tersebut, dapat memindahkan persemaian tersebut ke media tanam yang telah disiapkan sebelumnya. Kemudian, berikanlah nutrisi hidroponik yang telah dilarutkan agar pertumbuhan dapat tummbuh dengan maksimal. Selanjutnya, Cek kondisi tanaman pakcoy secara rutin. Pastikan jangan sampai kehabisan nutrisi. Waktu panen pakcoy biasanya pada hari ke 45.