Cara Menanam Bambu Kuning

Diposting pada

AnekaBudidaya.Com – Jenis pohon bambu hanya terdapat di area perkebunan dan dapat digunakan sebagai bahan untuk pembuat furniture dan rumah. Bambu kuning, bahkan sering diabaikan seperti tanaman liar. hingga saat ini dengan banyaknya orang menjadikannya tanaman hias sebagai pajangan di teras rumahnya, harganya kian meningkat. Padahal jika kamu dapat mengetahui cara menanam bambu ini, maka sangat mudah untuk kamu terapkan. kamu juga dapat menghemat biaya sekaligus dapat membuat halaman rumah kamu lebih indah.

Jika kalian masih penasaran dengan menanam Bambu kuning, saya akan menyampaikan informasi terkait cara menanam Bambu kuning, agar kalian dapat belajar cara dan teknik nya, semoga artikel ini dapat bermamfaat untuk kalian, selamat membaca.

Bambu Kuning


Bambu Kuning

Bambu kuning banyak dijadikan sebagai tanaman hisa karena memiliki warna yang mencolok serta menampilkan eksotisme tropis yang sanagat mengagumkan. sebagian orang telah menganggap tanaman ini berbau tentang mistis tetapi lebih sering juga disebut untuk membawa keberuntungan dan kesejahteraan. Hal ini sesuai dengan warna kuning yang telah dipancarkan.


Cara Menanam Bambu Kuning

Cara menanam Bambu kuning pun tidak terlalu sulit atau bisa dikatakan sangat mudah, Namun karena mudah ditanam bukan berarti kalian lengah sehingga dapat meremehkannya dan kemudian secara asal-asalan dalam menanam Bambu kuning. Untuk itu supaya terhindar dari hasil yang tidak maksimal, maka simak beberapa langkah berikut tentang bagaimana cara menanam Bambu kuning supaya memperoleh hasil yang maksimal, diantaranya:

Baca Juga  Tips Melakukan Pembudidayaan Kenikir

1. Menyiapkan Bibit Bambu kuning

Menyiapkan Bibit Bambu kuning

Pohon bambu kuning dapat berkembang biak dengan cara rhizoma dan tunas. Jadi, kamu dapat menanamnya dengan sendiri maka dari dua hal di atas. kamu dapat memanfaatkan rhizoma atau perakaran yang menjalar, kamu bisa mengambil bongkol Bambu kuning  dan langsung menanam Bambu kuning di tanah atau pot.

  • Bibit Tunas Bambu Kuning

Tunas biasanya dapat tumbuh pada akar di ruas-ruas pada bambu yang sudah tua. kamu bisa memotong pada anak bambu dan akarnya dari sini kamu melakukannya dengan secara hati-hati. supaya perakaran bambu tunas lebih cepat, sebelum ditanam kamu bisa melarutkannya dalam larutan vitamin B1 selama 2 sampai 3 jam. Bambu yang berasal dari bibit tunas tidak akan setinggi seperti induknya. pada bagian bonggol akar akan mudah dapat ditanam dan kemungkinan akan keberhasilannya mencapai 90 persen.


2. Menyiapkan Media Tanam Bambu kuning

Menyiapkan Media Tanam Bambu kuning

Sebelum dalam peroses pembibitan, ada sebaiknya kamu telah menyiapkan media tanam. Bambu kuning dapat ditanam di lahan yang luas, di pot, di polybag, atau tanah dengan luas yang terbatas. Jika kamu dapat membatasi pada pertumbuhannya supaya tidak terlalu lebat pad daunnya, maka kamu dapat menggunakan pot dan lahan yang terbatas harus menjadi pilihan kamu. Akar bambu akan sangat cepat sekali dapat menjalar dan menumbuhkan tanaman yang baru. pada pemakaian Polybag hanya dapat digunakan pada saat pembibitan Bambu kuning saja.

Media yang dapat dipakai untuk melaksanakan pembibitan dan penanaman Bambu kuning adalah dengan campuran tanah dengan pupuk kandang sekitar 1 : 1. Bambu kuning biasanya akan tumbuh setelah usia 1 minggu. Sebelum tumbuh, maka sebaiknya pada tunas atau bongkol dapat diletakkan di tempat yang cukup teduh tetapi juga harus terkena sinar matahari saat pagi hari. Pada prose penanaman di lahan yang luas dapat membuat Bambu kuning lebih cepat rimbun, lebat, dan besar.

Baca Juga  Cara Penanaman Bambu


3. Perawatan Bambu kuning

Perawatan Bambu kuning

Paa Proses perawatan tanaman bambu kuning sangat mudah. kamu hanya melakukan menyiramnya dua sampai tiga seminggu di saat cuaca cukup panas dan tidak perlu disiram pada saat musim penghujan. Selain itu, yang perlu kamu lakukan  adalah proses pada penggemburan tanah, pada Bambu kuning berusia 3 bulan sekali supaya perakaran dapat terus tumbuh secara optimal.

Sementara pada pemberian pupuk kandang atau pupuk lengkap seperti NPK dapat kamu lakukan setahun dua kali. pada pemberian pupuk akan mempercepat masa pertumbuhan akar Bambu kuning, batang Bambu kuning, dan daun Bambu kuning.


4. Pertumbuhan Bambu Kuning

Pertumbuhan Bambu Kuning

Jika bambu kuning sudah tumbuh dengan sempurna, maka hasil jerih payah kamu sudah terbayar dengan berhasilnya kamu dalam menanam pohon Bambu Kuning, di mulai dari tahap awal sampai akhir, maka pada pertumbuhan yang sempurna akan membuat rupah pada pekarangan rumah kamu dapat terlihat dengan cantik dan indah dengan adanya tanaman hias Bambu kuning.


Itulah yang dapat saya sampaikan tentang Cara Menanam Bambu Kuning yang Baik dan Benar Untuk Pemula semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kamu yang ingin mencoba menanam pohon Bambu Kuning, Terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :