Cara Budidaya Sirih Merah

Diposting pada

Anekabudidaya.Com –  Cara dalam menanam sirih merah di dalam pot atau menggunakan polybag menjadi salah satu solusi buat membudidayakan tanaman Sirih Merah ini. Sebelum kita akan mengulas tentang cara menanamnya, sebaiknya kenali dulu apa yang menjadi keunggulan dari tanaman sirih merah ini.

Sirih merah atau yang sering dikenal sebagai nama latin Piper crocatum adalah salah satu jenis tanaman yang tergolong dalam famili Piperaceae. Tanaman ini bisa tumbuh dengan cara merambat. Tanaman sirih merah mempunyai batang yang berwarna hijau keunguan, tidak mempunyai bunga, dan berdaun lebar yang berbentuk hati dengan ujungnya yang meruncing. Sesuai dengan namanya, daun dari tanaman sirih merah ini berwarna merah marun. Selain itu, tanaman Sirih Merah ini juga mmepunyai aroma yang menyengat seperti wangi khas daun sirih pada umumnya.

Cara Budidaya Sirih Merah

Cara Budidaya Sirih Merah

Supaya tanaman sirih merah bisa dapat tumbuh dengan subur sebaiknya berikan perlindungan pada tanaman Sirih Merah tersebut memakai paranet atau dapat juga letakkan tanaman pada tempat yang tidak terkena sinar matahari dan hujan secara langsung. Jika kamu mempunyai pekarangan yang cukup lebar, maka kamu dapat menanamnya secara langsung pada tanah milik kamu, namun jika pekarangan kamu hanya terbatas maka kamu dapat menanamnya memakai media pot atau polybag sebagai alternatif untuk menanam Sirih Merah,

Ada beberapa tahapan agar kamu dapat menanam Sirih Merah dengan baik dan benar, jika kamu penasaran maka kamu dapat menyimak artikel ini sampai tuntas, karena artikel ini akan mengulas secara tuntas dalam membudidayakan Sirih Merah samapai hasil panen datang.

Baca Juga  Cara Menanam Sirih Merah

1. Persiapan Alat dan Bahan untuk Menanam Sirih Merah

Persiapan Alat dan Bahan untuk Menanam Sirih Merah

Cara dalam menanam sirih merah sangat gampang untuk kalian lakukan sendiri dan bisa dilakukan di rumah secara langsung. Sebelum memulai kegiatan bercocok tanam dalam menanam sirih merah, ada beberapa alat dan bahan yang perlu disiapkan untuk kamu gunakan seperti :

  • Menyediakan Pot atau polybag yang telah dilubangi pada bagian bawah
  • Menyediakan Tanah merah
  • Menyediakan Pasir
  • Menyediakan Pupuk kompos
  • Menyediakan Gunting
  • Menyediakan Tanaman sirih merah
  • Menyediakan Air secukupnya

2. Teknik Stek

Teknik Stek

Budidaya dalam sirih merah memakai teknik stek ini adalah cara yang terampuh, berikut ini cara-caranya :

  • Pilih pada bagian batang sirih yang cukup tua.
  • Potong sekitar 2 ruas dan sebaiknya mempunyai 2 sampai 3 helai daun sirih.
  • Rendam pada potongan batang kedalam air sekitar 15 menit lamanya.
  • Tancapkan potongan atau bibit sirih tersebut pada media tanam yang sudah disiapkan oleh kamu.
  • Letakkan pot atau polybag pada tempat yang teduh dari tanaman sirih merah.
  • Jaga supaya kebutuhan air tercukupi dengan melakukan penyiraman secara wajin.

3. Teknik Merunduk

Teknik Merunduk

Pada umumnya cara dalam menanam sirih merah memakai teknik merunduk ini serupa dengan cara teknik stek, hanya saja dalam proses pemotongannya dilakukan setelah akar dari batang yang dirundukkan telah tumbuh. Caranya seperti :

  • Pilih sulur yang panjang.
  • Atur supaya sulur tersebut dapat merunduk dan menempel pada media tanam atau tanah.
  • Setelah sulur yang menempel pada media tanam tumbuh akar, potonglah sulur tersebut dengan benar.
  • Pindahkan sulur yang telah dipotong pada media tanam baik berupa pot maupun polybag atau secara langsung ditanam pada lahan.

4. Teknik Air

Teknik Air

Teknik stek air ini sebenarnya hampir serupa dengan teknik stek pada umumnya. Yang hanya membedakannya ialah media tanam yang dipakai. Dalam teknik stek tersebut, cara untuk menanamnya dengan memakai media tanah, sedangkan untuk teknik stek air memakai media air terlebih dahulu agar dapat merangsang tumbuhnya akar. Berikut ini tahapannya :

  • Potong pada bagian batang sirih merah yang tua dan sehat sepanjang dua ruas (mempunyai daun 2 sampai 3 helai).
  • Siapkan sebuah botol bekas atau wadah yang diisi dengan air.
  • Rendam pada bagian pangkal batangnya ke dalam air, yang harus untuk diperhatikan dalam perendaman ini ialah jangan sampai daunnya ikut terendam secara bersamaan, akan tetapi cukup batangnya saja yang direndam.
  • Letakkan di tempat yang sejuk.
  • Tunggu sampai sekitar 4 sampai 7 hari umumnya akar akan mulai tumbuh secara perlahan.
  • Pindahkan sulur maupun batang yang sudah berakar pada media tanam seperti pot, polybag atau dapat secara langsung pada lahan.
Baca Juga  Cara Menanam Cocor Bebek

5. Perawatan Sirih Merah

Perawatan Sirih Merah

Setelah penanaman Sirih Merah, tanaman sirih merah membutuhkan perawatan, adapun untuk perawatannya tergolong gampang untuk kamu lakukan, diantaranya ialah sebagai berikut ini:

  • Proses Penyiraman Sirih Merah

Lakukan proses penyiraman Sirih Merah secara teratur 1 sampai 2 hari sekali tergantung keadaan tanah dan tanaman, lakukan proses penyiraman secukupnya saja, jangan sampai tergenang karena dapat menyebabkan akar tanaman akan menjadi busuk dan layu.

  • Proses Penyiangan Sirih Merah

Lakukan proses penyiangan Sirih Merah secara bertahap, ialah jika terlihat tumbuh gulma disekitar tanaman Sirih Merah, karena gulma akan mengganggu masa perkembangan sirih merah dengan merebut unsur hara dan air dari dalam tanah.

  • Proses Pemupukan Sirih Merah

Pada proses pemupukan dasar pakailah pupuk kandang atau kompos, sedangkan agar dapat meningkatkan kesuburan dan pertumbuhan tanaman Sirih Merah, dapat menggunakan pupuk NPK. Lakukan proses pemupukan secara hati-hati, letakkan pupuk di sekitar batang tanaman akan tetapi jangan sampai mengenai batang secara langsung supaya batang tidak busuk dan layu.

6. Pemanenan Sirih Merah

Pemanenan Sirih Merah

Bagian yang dipanen dari sirih merah ialah daunnya, akan tetapi untuk tanaman sirih merah ini termasuk tanaman yang membutuhkan masa pertumbuhan daun yang cukup memakan waktu, buat menghasilkan 5 sampai 7 helai daun saja membutuhkan waktu sekitar 1,5 bulan lamanya.

Sirih merah yang telah dapat dipanen ialah yang telah mempunyai 15 sampai 20 helai daun atau berusia sekitar 4 bulan setelah tanam Sirih Merah. Pilihlah pada bagian daun yang tebal dan kaku dengan ukuran 5 sampai 10 cm, pemetikan dapat dilakukan dari bawah ke atas dengan batas minimal pemetikan pada bagian bawah ialah 60 cm dari permukaan tanah.

Baca Juga  Cara Pembudidayaan Amarilis

Itulah yang dapat saya sampaikan terkait dengan Cara Budidaya Sirih Merah yang baik dan benar, Semoga artikel ini dapat membantu kalian semua dalam membudidayakan sirih merah dengan begitu kalian dapat menggunakan sirih merah kalian sesuai dengan kemauan kalian sendiri tanpa harus susah lagi untuk membelinya, Itu saja yang dapat saya sampaikan terkait dengan Budidaya Sirih Merah, Sekian dan terimakasih.

Baca Artikel Lainnya :