Tips Budidaya Kesemek

Diposting pada

Anekabudidaya haii haii haii para budidayawan…. Kembali lagi pada postingan artikel kita kali ini yang dimana kali ini kita akan memberikan kalian informasi terbaru dengan bahasan ” Tips Budidaya Kesemek “… Semoga informasi ini bisa menjadi bekal kalian untuk mulai melakukan budidaya tanaman buah kesmek.. Selamat membaca dan selamat mencoba ….. 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂

Tanaman buah kesemek atau yang sering disebut dengan nama ilmiahnya Diospyros kaki merupakan jenis tanaman buah – buahan yang memiliki habitat asal yang berasal dari negara Cina. Tanaman buah kesemak termasuk ke dalam genus diospyros yang memiliki batang dengan tekstur yang keras dan bentuk yang panjang. Tanaman buah kesemek memiliki ciri – ciri morfologi tanaman, yaitu: tanaman kesemek memiliki ukuran tanaman yang berukuran kecil yang besranya mencapai sekitar 5 meter atau bahkan kuranng dari 5 meter, pada bagian babtang tanaman buah kesemek memiliki batang yang pendek yang bengkok – bengkok dengan memiliki cabang yang banyak dengan daun yang berguguran. Pada bagian daun tanaman buah kesemek memiliki daun yang tersusun secara berselang seling dengan bentuk daun tanaman yang berbenntuk bulat memanjang yang memiliki tangkai bunga yang berukuran pendek yang berwarna hijau kekuningan yang mengkilat.

Pada bagian bunga tanaman buah kesemek memiliki 2 jenis kelamin pada bunganya yaitu berkelamin betina dan berkelamin jantan, pada bunga janntan tanaman buah kesemek memiliki malai yang berukuran pendek yang berisikan sekitar 3 sampai dengan 5 kuntum bunga betina soliter, bunga pada tanaman buah kesemek berada pada bagian ketiak daunnya yang dapat membentuk bilangan empat. Sedangkan pada bagian buah tanaman buah kesemek memiliki bentuk buah yang berbentuk gepeng membulat dan bersegi empat yang berwarna hijau kekuningan smpai dengan kemerahan. Tanaman buah kesemek juga memiliki berbagai macam kandungan yang terdapat pada buah tanaman kesemek tersebut, seperti: buah tanaman kesemek mengandung karbohidrat, fruktosa, protein, Vitamin A, kalium serta tanin yang dapat membuat rasa buah kesemek tersebut menjadi sepet. Tanaman buah kesemek jiga memiliki banyak sekali manfaat yang dapat dimanfaatkan pada buah tanaman tersebut, yang diantaranya adalah: tanaman buah kesemek memiliki peranana yang penting untuk dapat digunakan dalam mengawetkan berbagai macam jenis kerajinan tangan, selain itu tanaman buah kesemek juga dapat dimanfaatkan untuk membantu memproduksi arak beras Jepang serta tanaman buah kesemek juga sering dimanfaatkan msnusia untuk kesehatan yaitu untuk mengobati penyakit hipertensi.

Baca Juga  Cara Menanam Buah Naga

  1. Proses Persiapan Bibit Tanaman

Hal utama yang perlu diperhatikan dalam melakukan budidaya tanaman buah kesemek adalah dengan melakukan tahapan pada proses persiapan bibit tanaman. Perbanyakan pada budidaya tanaman buah kesemek dapat dilakukan dengan cara: pemisahan akar tanaman yang telah memiliki tunas, menggunakan biji serta sistem sambung batang atau okulasi. Perbanyakan dengan menggunakan tunasa atau biji memerlukan waktu yang relatif lama yaitu sekitar 7 sampai dengan 10 tahun untuk dapat berbuah. Perbanyakan okulasi merupakan cara yang tepat yang dilakukan dalam budidaya tanaman buah kesemek, hal tersebut dikarenakan memiliki masa panen yang relatif lebih cepat dan mudah dalam pembudidayaannya. Atau juga perbanyakan dapat dilakukan dengan cara melakukan pencangkokan pada tanaman. Jika pembudidaya sendiri tidak ingin kerepotan untuk mempersiapkan bibit tanaman, pembudidaya dapat membeli bibit tanaman tersebut pada toko – toko yang menjual bibit tanaman, pilihlah bibit tanaman hasil dari okulasi yanng memiliki ciri dengan adanya sayatan pada pangkal cabang yang berbentuk huruf V. Bibit tanaman yang telah dibeli tidak boleh langsung untuk ditanam, bibit tanaman hars dibiarkan terlebih dahulu dalam kurun waktu sekitar 1 sampai dengan 2 minggu agar bibit tanaman tersebut dapat beradaptasi pada kondisi lingkungan yang baru.


  1. Proses Pembuatan Lubang Tanam

Setelah melakukan tahapan pada proses pemilihan bibit tanaman dalam budidaya tanaman buah kesesmek, langkah selanjutnya yang perlu juga diperhatikan adalah pada proses pembuatan lubang tanam. Adapun langkah – langkah yang dapat dilakukan dalam proses pembuatan lubang tanam adalah sebagai berikut:

  1. Buatlah lubang tanam dengan ukuran lubang tanam sekitar 50 cm x 50 cm serta ukuran kedalaman lubang tanam sekitar 50 cm.
  2. Iai lubang tanam yang telah dibuat tersebut dengan menggunakan pupuk kandang ataupun pupuk kompos sampai 2/3 bagian lubang tersebut terisi.
  3. Diamkanlah lubang tanam tersebut sekitar 2 sampai dengan 3 minggu sebelum lubang tersebut digunakan.
  4. Jika lahan yang akan diunakan ingin ditanami dengan jumlah yang banyak, buatlah lubang tanam dengan ukuran jarak lubang tanam sekitar 6 m x 6 m.
Baca Juga  Cara Melakukan Penanaman Buah Kesemek

  1. Proses Penanaman Bibit Tanaman

Setelah melakukan tahapan pada proses pembuatan lubang tanam dalam budidaya tanaman buah kesesmek, langkah selanjutnya yang perlu juga diperhatikan adalah pada proses penanaman bibit tanaman. Adapun langkah – langkah yang dapat dilakukan dalam proses penanaman bibit tanaman adalah sebagai berikut:

  1. Maukan bibit tanam tersebut pada lubang tanam dengan cara lepaskanlah plastik polybag pada bibit tanam dengan cara perlahan.
  2. Tutup kembali lubang tanam dengan dengan tanah sisa galian tersebut.
  3. Lakukanlah penyiraman setelah bibit tanaman tersebut ditanam pada lubang tanam.

  1. Proses Perawatan Tanaman

Setelah melakukan tahapan pada proses penanaman bibit tanaman dalam budidaya tanaman buah kesesmek, langkah selanjutnya yang perlu juga diperhatikan adalah pada proses perawatan tanaman. Proses perawatan tanaman dalam budidaya tanaman buah kesemek dapat dilakukan dengan cara: penyiangan, pemupukan, pemberansan hama dan penyakit serta pemangkasan. Penyiangan dilakukan ketika terdapat gulma atau tanaman liar yang berada pada sekitar tanaman tersebut. Pemupukan dilakukan dengan menggunakan pupuk kandang ataupun pupuk kompos yang dapat dilakukan ketika tanaman berumur sekitar 2 sampai dengan 3 bulan dari masa penanaman tanaman. Pemberantasan hama dan penyakit dapat dilakukan dengan menggunakan cairan pestisida dengan cara disenprotkan. Sedangkan proses pemangkasan dilakukan dengan tujuan agar tanaman dapat lebih cepat berbuah.


  1. Proses Panen Tanaman

Setelah melakukan tahapan pada proses perawatan tanaman dalam budidaya tanaman buah kesesmek, langkah selanjutnya yang perlu juga diperhatikan adalah pada tahapan akhir yaitu pada proses panen tanaman. Proses panen dapat dilakukan ketika buah kesemek tersebut sudah dalam kondisi matang. Buah kesemek yang sudah matang memiliki ciri – ciri yaitu memiliki kulit yang berwarna jingga kekuningan sampai dengan berwarna kemerahan dengan ukuran diameter buah sekitar 2 sampai dengan 8 cm. Proses pemanenan dapat dilakukan dengan cara memotong tangkai buah dengan menggunakan gunting atau juga dapat menggunakan pisau yang tajam.

Baca Juga  Cara Budidaya Paprikha

Demikianlah informasi yang telah disampaikan pada postingan artikel kali ini yang membahas tentang ” Tips Budidaya Kesemek “… Semoga informasi yang sudah disampaikan tersebut dapat bermanfaat untuk para pelaku budidaya atau yang baru akan mencobanya.. So,, tetap stay di web anekabudidaya.com yaaaa..,,,, karena masih banyak informasi – informasi yang tidak kalah menarik lainnya yang akan kami berikan kepada para budidayawan… 🙂 🙂 🙂 🙂

Berikut Artikel Terkait Lainnya