Cara Tanam Bunga Sepatu

Anekabudidaya haii haii haii para budidayawan…. Kembali lagi pada postingan artikel kita kali ini yang dimana kali ini kita akan memberikan kalian informasi terbaru dengan bahasan ” Cara Tanam Bunga Sepatu “… Semoga informasi ini bisa menjadi bekal kalian untuk mulai menanam bunga sepatu.. Selamat membaca dan selamat mencoba ….. 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂

Bunga sepatu merupakan bunga hias yang memiliki pohon berkayu dan bunga yang indah. Tanaman ini berbunga dengan mahkota lebar dan berwarna merah menyala dengan tempat putik dan benang sari yang panjang diujung bunganya. Bunga sepatu juga meng manis di dalam tangkai putiknya. Saat dipotong dan dihisap dari belakang kelopaknya maka cairan manis itu bisa dinikmati. Biasanya bunga yang masih kuncup mengandung cairan lebih banyak dari pada yang sudah mekar. Bunga sepatu sangat mudah ditanam dan perawatanya tidak sullit. Selain itu bunga ini juga cocok untuk penghias pekarangan rumah.


  1. Proses Pembibitan Tanaman

Hal utama yang perlu diperhatikan di dalam melakukan budidaya tanaman kembang sepatu adalah dengan melakukan tahapan proses persiapan bibit tanaman kembang sepatu tersebut. Bibit bunga sepatu bisa diperoleh dengan dua jalan yakni stek batang dan cangkok. Apabka pilih batang yang bagus, lurus dengan berdiameter di atas 5 cm. Kupas kulitnya dan kerik sampai lendirnya hilang semua. Bungkus sayatan dengan tanah yang lembab dan plastik, ikat kedua ujungnya dengan kuat. Luka sayatan bagian atas harus tertutup tanah yanng lebih tebal. Biarkan sampai tumbuh akar, setelah tumbuh akar kemudian potong dan ditanam di tempat yang sudah disediakan. Jika melalui stek batang, bisa langsung dipotong miring dan ditancapkan ke tanah ataupun pot/ stek disemai.

Baca Juga  Cara Budidaya Buah Jeruk Kimkit

  1. Persiapan dan Penanaman

Setelah melakukan proses persiapan bibit tanaman pada budidaya kembang sepatu, hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah pada tahapan proses persiapan dan penanaman tanaman kembang sepatu. Pertama – tama buat lubang tanam di pekarangan dan galilah sedalam 20 sampai degan 30 cm. Campur tanah galian dengan pupuk kandang atau kompos dengan perbandingan 1 : 1. Masukkan bibit cangkokan yanng sudah dibuka plastiknya ke dalam lubang tanam beserta tanah cangkokannya. Timbun dengan tanah yang sudah dicampur pupuk kandang atau pupuk kompos, padatkan hati – hati lalu siram dengan air supaya tanah lembab. Jika stek batang maka tancapkan lurus ke atas dengan ke dalaman 10 sampai ddengan 15 cm dan padatkan tanah sekitarnya, beri penopang jika diperlukan.


  1. Proses Perawatan atau Pemeliharaan

Berikan penyiraman rutin selama 1 minggu pertama. Setelah muncul tunas daun yang cukup baik dan sudah masuk masa tanam 1 bulan berikan pupuk kompos/kandang atau urea dengan takaran 2,5 gr/tanaman. Berikan pupuk dengan dosis yang sama setiap bulan sekali dengan pupuk NPK sampai umur 3 bulan, setelahnya lakukan jika perlu saja. Lakukan juga penyiangan dan penyiraman jika dirasa perlu saja. Pada musim kemarau kembang sepatu membutuhkan banyak air untuk menjaga kelembaban. Demikian juga pada musim penghujan tanaman ini tetap perlu disiram, namaun tidak sesering pada musim kemarau. Jika mendapati tanah pada tanaman terlihat basah maka tidak perlu disiram. Penyiraman dilakukan jika kadar air pada tanah terlihat berkurang dengan tanda – tanda daun tanaman layu pada siang hari.

Demikianlah informasi yang telah disampaikan pada postingan artikel kali ini yang membahas tentang ” Cara Tanam Bunga Sepatu “… Semoga informasi yang sudah disampaikan tersebut dapat bermanfaat untuk para pelaku budidaya atau yang baru akan mencobanya.. So,, tetap stay di web anekabudidaya.com yaaaa..,,,, karena masih banyak informasi – informasi yang tidak kalah menarik lainnya yang akan kami berikan kepada para budidayawan… 🙂 🙂 🙂 🙂

Baca Juga  Cara Budidaya Asam

Berikut Artikel Terkait Lainnya