Cara Tanam Bunga Kenanga

Anekabudidaya haii haii haii para budidayawan…. Kembali lagi pada postingan artikel kita kali ini yang dimana kali ini kita akan memberikan kalian informasi terbaru dengan bahasan ” Cara Tanam Bunga Kenanga “… Semoga informasi ini bisa menjadi bekal kalian untuk mulai penanaman bunga kenanga.. Selamat membaca dan selamat mencoba ….. 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂

tanaman bunga Kenanga (Conanga adorata) ada dua forma kenanga yaitu macrophyla yang dikenal sebagai kenanga biasa dan genuina dikenal sebagai kenanga filipina atau ylang – ylang. Selain itu, masih dikenal pula kenanga perdu yang banyak ditanam sebagai hiasan di halaman rumah. Tinggi tanaman dapat mencapai 3 m. Di Indonesia bunga kenanga banyak menepati peran di dalam upacara – upacara khusus misalnya dalam upacara perkawinan. Kenanga adalah flora identitas Provinsi Sumatra Utara. Krena baunya ynag harum, bunga kenanga dikenal juga sebagai pohon parfum.


  1. Memilih Lokasi Tanam

Salah satu faktor penentu dalam budidaya tanaman yaitu lokasi tanam. Demikian juga ketika menanam bunga kenanga, lokasi tanam harus diperhitungkan dengan baik. Tanaman ini bisa tumbuh dengan baik bila ditanam di daerah dengan ketinggian tidak lebih dari 500 meter dari permukaan laut.

Tanah yang memiliki drainase yang bagus serta tidak mengandung lapisan cadas. Hal ini untuk mendukung akar tanaman bisa masuk enembus ke dalam lapisan tanah cukup dalam. Tanaman bunga kenanga merupakan tanaman yang lembab dan panas.

Baca Juga  Cara Tanam Wijen

  1. Memilih Bibit Bunga Kenanga

Bibit kenanga bisa didapatkan dengan beberapa cara diantaranya dengan stek batang, cangkok atau melalui biji. Pada artikel ini kita akan menggunakan pembibitan dengan biji. Pilihlah buah kenanga yang sudah tua cirinya adalah memiliki warna kulit yang sudah menghitam. Masukan semua biji tersebut ke dalam karung dan diamkan selama 5 hari.

Setelah kulitnya melunak maka tinggal mengeluarkan bagian bijinya dengan cara memencetnya. Cuci biji yang sudah dikeluarkan dengan air sampai bersih kemudian keringkanlah dengan cara diangin – anginkan selama sehari semalam. Setelah itu dapat dilakukan menyemaikan biji pada media semai yang dibuat dari campuran tanah dan pupuk organik dengan perbandingan 1 : 1. Penyemaian harus dilakukan di tempat yang sejuk dan teduh. Siram benih setiap hhari sampai sekitar satu minggu benih akan mulai kecambah. Biasanya setelah berumur 6 bulan bibit akan mencapai ketinggian 30 cm, hal itu menunjukkan bahwa bibit bunga kenannga telah siap untuk ditanam di ladang/ lahan ataupun media tanam yang lain (pot).


  1. Penanaman Bunga Kenanga

Sebaiknya penanaman bunga kenanga dilakukan ketika awal musim hujan. Untuk lubang tanam sebaiknya sudah dibuat 1 bulan sebelum masa tanam. Ukuran lubang tanam 60 cm x 60 cm x 60 cm. Sedangkan untuk jarak tanam yaitu 4 x 4 meter. Jarak ini untuk mengantisipasi ketika pohon kenannga tumbuh besar.

Bila rajin memotong dan memangkas pohon, jarak tanaman bisa disesuaikan menjadi 3 x 3 meter. Sebelum memasukkan bibit ke lubang tanam sebaiknya lubang tanam diisi dulu dengan pupuk organik secukupnya, kemudian baru bibit dimasukkan. Jangan lupa untuk melepaskan plastik yang digunakan untuk menyemai bibit.

Demikianlah informasi yang telah disampaikan pada postingan artikel kali ini yang membahas tentang ” Cara Tanam Bunga Kenanga  “… Semoga informasi yang sudah disampaikan tersebut dapat bermanfaat untuk para pelaku budidaya atau yang baru akan mencobanya.. So,, tetap stay di web anekabudidaya.com yaaaa..,,,, karena masih banyak informasi – informasi yang tidak kalah menarik lainnya yang akan kami berikan kepada para budidayawan… 🙂 🙂 🙂 🙂

Baca Juga  Cara Budidaya Bunga Gelombang

Berikut Artikel Terkait Lainnya