Cara Pembudidayan Cocor Bebek

Anekabudidaya haii haii haii para budidayawan….. Kembali lagi pada postingan artikel kita kali ini yang dimana kali ini kita akan memberikan kalian informasi terbaru dengan bahasan ” Cara Pembudidayan Cocor Bebek “… Semoga informasi ini bisa menjadi bekal kalian untuk mulai pembudidayaan cocor bebek.. Selamat membaca dan selamat mencoba ….. 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂

Cocor bebek merupakan jenis tanaman hias. Cocor bebek berasal dari Madagaskar, Afrika. Nama latinnya adalah Kalanchoe Pinnata (L). Beberapa waktu lalu tanaman ini banyak dipelihara tetapi karena pesona kecantikannya kalah dengan beberapa jenis tanaman hias lain seperti anggrek, mawar, kamboja dan lain sebagainya, maka cocor bebek mulali diabaikan. Oleh sebab itu, cocor bebek biasanya hanya ditemukan tumbuh liar di kebun – kebun dan di pinggir parit yang tanahnya banyak bebrbatu.

Cocor bebek memiliki khasiat luar biasa diantaranya sebai zat antitumor, zat anti radang, menghentikan pendarahan, menguranngi pembengkakan, mempercepat penyembuhan luka, mengatasi masalah pencernaan, muntah darah dan gangguan pada telinga ataupun tenggorokan. Bahkan cocor bebek juga bermafaat untuk mengatasi trauma luka akibat kecelakaan, memar ataupun perdarahan.


  1. Proses Persiapan Lahan Tanam

Hal utama yang perlu diperhatikan dalam melakukan budidaya tanaman cocor bebek adalah dengan melakukan tahapan proses persiapan lahan tanam. Tanaman ini bisa ditanam langsung di tanah atau di dalam pot. Tanah yang akan digunakan sebaiknya dicangkuli dahulu supaya gembur sambil disiram dengan air secukupnya. Ingat, lahan tanaman jangan terlalu banyak mengandung air, karena tanaman ini tergolong tanaman yang mengnadung air dan akan sangat baik jika ditanam pada media berhumus.

Baca Juga  Cara Menanam Tanaman Singkong

  1. Proses Persiapan Bibit Tanaman

Setelah melakukan tahapan persiapan lahan tanam pada budidaya tanaman cocor bebek, langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan juga adalah pada tahapan proses persiapan bibit tanaman. Perkembangbiakan tanaman cocor bebek terjadi secara vegetatif alami, yaitu dengan tunas adventif. Tunas adventif adalah bentuk reproduksi aseksual dimana organisme baru berupa tunas tumbuh dari ujung – ujung daun. Tunas adventif yang dipisahkan dari induknya dapat tumbuh membenntuk individu baru. Tunas adventif inilah yanng disebut bibit.


  1. Teknis Penanaman

Setelah melakukan tahapan persiapan bibit tanam pada budidaya tanaman cocor bebek, langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan juga adalah pada tahapan proses teknis penanaman tanaman. Cara menanam tanaman cocor bebek terbilang cukup mudah, yaitu dengan melepas helai daun dan diletakan dilahan tanam. Dalam beberapa hari saja akan tumbuh akar dan tunas baru dipangkal daun dan selanjutnya akan tumbuh menjadi tanaman dewasa.


  1. Proses Pemeliharaan Tanaman

Setelah melakukan tahapan persiapan teknis penanaman tanaman pada budidaya tanaman cocor bebek, langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan juga adalah pada tahapan proses pemeliharaan tanaman. Pemeliharaan dilakukan secara alami, tanpa pemupukan kimia. Penyakit yang paling sering ditemukan pada tanaman cocor bebek yaitu busuk akar atau daun. Hal tersebut terjadi karena tanaman tergenang air. Cara penanggulangannya adalah dengan melakukan penyiraman secukupnya, jangan sampai tergenang. Usahakan agar tanaman berada di dalam pot atau jika berada di tanah hindari cekungan karena akan berpotensi tergenang air jika hujan.


  1. Proses Pemanenan

Setelah melakukan tahapan perawatan tanaman pada budidaya tanaman cocor bebek, langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan juga adalah pada tahapan akhir yaitu pada proses pemanenan tanaman. Tidak ada metode khusus dalam memanen. Pemanenan bisa langsung dilakukan dengan memetik bagian tumbuhan yang diperlukan.

Baca Juga  Tips Perawatan Bunga Sedap Malam

Demikianlah informasi yang telah disampaikan pada postingan artikel kali ini yang membahas tentang ” Cara Pembudidayaan Cocor Bebek  “… Semoga informasi yang sudah disampaikan tersebut dapat bermanfaat untuk para pelaku budidaya atau yang baru akan mencobanya.. So,, tetap stay di web anekabudidaya.com yaaaa..,,,, karena masih banyak informasi – informasi yang tidak kalah menarik lainnya yang akan kami berikan kepada para budidayawan… 🙂 🙂 🙂 🙂

Berikut Artikel Terkait Lainnya