Cara Tanam Tanaman Sirih Dengan Mudah

Anekabudidaya haii haii haii para budidayawan…. Kembali lagi pada postingan artikel kita kali ini yang dimana kali ini kita akan memberikan kalian informasi terbaru dengan bahasan ” Cara Tanam Tanaman Sirih Dengan Mudah “… Semoga informasi ini bisa menjadi bekal kalian untuk mulai melakukan penanaman tanaman sirih.. Selamat membaca dan selamat mencoba ….. 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂

Tanaman daun sirih atau yang sering dikenal dengan nama ilmiahnya pipper memiliki kandung berbaga macam jenis senyawa aktif diantaranya: styptic yang memiliki fungsi untuk dapat menghentikan perdarahan, vurnerary yang memiliki fungs dapat menyembuhkan luka, stomathic yang memiliki fungsi dapat mengobati masalah pencernaan, eugenol yang memiliki funsi dapat meredakan nyeri dan alkoid yang berkhasiat menghambat pertumbuhan sel kanker. Tanaman Daun sirih juga memiliki kandung minyak astiri sehingga hal tersebut dapat berfungsi dan juga dapt digunakan sebagai obat keputihan, nyeri gigi dan mengatasi bau badan. Sedangkan di dalam bidang kecantikan air rebusan tanaman daun sirih bias digunakan untuk membasuh muka agar terhindar dari jerawat serta tanaman daun sirih juga dapat dimanfaatkan untuk mempercantik pada bagian bulu mata.


  1. Proses Persiapan Lahan Tana

Hal utama yang perlu diperhatikan dalam melakukan penanaman tanaman daun sirih adalah pada proses persapan lahan tanam tanaman. Lahan tanam yang akan digunakan untuk menanm tanaman daun sirih merupakan tanah dengan stuktur tanah yang gembur atau tanah denan struktur tanah gembur berpasir yang tidak memiliki atau mengandung terlalu banyak air di dalamnya. Siapkan polybag berdiameter 10 cm untuk menanam bibit. Polybag diisi tanah yang sudah bercampur dengan pupuk kandang atau kompos dan pasir, dengan perbandingan antara tanah : pupuk : pasir adalah 3 : 3 : 1.

Baca Juga  Cara Pembudidayaan Lavender

  1. Proses Persiapan Bibit Tanaman

Setelah melakukan tahapan pada proses persiapan lahan tanaman dalam melakukan penanaman tanaman daun sirih, langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah pada tahapan proses persiapan bibit tanaman daun sirih. Budidaya tanaman daun sirih dapat dilakukan dengan tiga cara yaitu: stek, merunduk dan stek air. Dari ketiga cara tersebut stek merupakan cara yang paling mudah. Maka bibit tanaman ini dapat diperoleh dengan cara stek.


  1. Teknis Penanaman

Setelah melakukan tahapan pada proses pemilihan bibit tanaman dalam melakukan penanaman tanaman daun sirih, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah pada tahapan proses teknis penanaman tanaman daun sirih tersebut. Sediakn batang sirih yang diambil dari tanaman yang sudah tua. Potong batang sirih tersebut kira – kira dua ruas, lalu rendam dalam air selama 15 menit. Selanjutnya, tanamlah batang hasil stek ini kedalam polybag.


  1. Proses Pemeliharaan Tanaman

Pemeliharaan tanaman sirih meliputi pemupukan, penyiraman dan penyiangan. Pemupukan dlakukan pada awal penanaman. Selain itu, tanaman ini juga membutuhkan air yang cukup untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangannya, penyiraman harus dilakukan secara rutin setiap hari. Jika terjadi infeksi atau serangan hama, gunakan peptisida atau bakterisida untuk mengatasinya.


  1. Proses Pemanenan Tanaman

Daun yang sudah siap untuk dipetik berumur 1 bulan, bersih dan berwarna mengkilat. Pad saat itu daun relative lebar, panjang 15 sampai dengan 20 cm, berumur sedang, tidak terlalu tua atau muda dan bila dipegang daun terasa tebal dan kaku. Semakin sering daun dipanen maka tunas akan semakin cepat tumbuh.

Demikianlah informasi yang telah disampaikan pada postingan artikel kali ini yang membahas tentang ” Cara Tanam Tanaman Sirih Dengan Mudah “… Semoga informasi yang sudah disampaikan tersebut dapat bermanfaat untuk para pelaku budidaya atau yang baru akan mencobanya.. So,, tetap stay di web anekabudidaya.com yaaaa..,,,, karena masih banyak informasi – informasi yang tidak kalah menarik lainnya yang akan kami berikan kepada para budidayawan… 🙂 🙂 🙂 🙂

Baca Juga  Cara Budidaya Tanaman Karet

Berikut Artikel Terkait Lainnya